Jumat, 19 November 2010

Katalog Buku Pertanian

Jamur Tiram
Kesehatan mulai menjadi faktor penting dalam hidup, karena tanpa kesehatan kita tidak dapat menikmati kehidupan itu sendiri.  Pola hidup dan pola makan menjadi faktor penentu untuk hidup sehat. Pola hidup dan pola makan sudah mulai berubah, yaitu mengarah kepada pola hidup dan pola makan yang kembali ke alam.
Salah satu pola makan yang kembali ke alam adalah mengkonsumsi makanan kaya serat. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah jamur tiram.
Saat ini permintaan jamur tiram bukan saja datang dari pasar domestik, namun juga dari permintaan ekspor ke berbagai negara. Kesempatan inilah yang membuka peluang bisnis dalam hal budi daya jamur tiram dan olahan yang berbahan baku jamur tiram.
Buku ini memberikan penjelasan kepada pembaca tentang peluang agribisnis jamur tiram. Bisnis yang terus menerus memberikan prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Diuraikan tahapan-tahapan proses awal (pembuatan biakan murni) hingga akhir budi daya jamur tiram secara runut. Semuanya ditampilkan dalam konteks yang sederhana dan gambar petunjuk cara pelaksanaannya. Seluruh petunjuk dapat dilaksanakan dalam skala rumah tangga atau rumah sendiri.
 
Penulis             : Elang Ilik Martawijaya, Mochamad  Yadi  Nurjayadi
ISBN               : 978-979-493- 247-6
Penerbit           : IPB PRESS
Harga              : Rp 19.000,-

Sukses Budi Daya Tanaman Obat
 Pola hidup sehat dan kembali ke alam (back to nature) semakin disadari masyarakat. Hal itu ditunjukkan oleh naiknya kecenderungan minat masyarakat dunia terhadap obat herbal. Beberapa rumah sakit di Indonesia pun didorong untuk memiliki klinik jamu.
Untuk memperoleh obat herbal yang bermutu tinggi diperlukan bahan baku yang terstandar, sehingga mampu bersaing di pasar global. Oleh karena itu, sistem pertanian tanaman obat harus mengacu kepada GAP. GAP merupakan rangkaian kegiatan teratur yang dilakukan dalam suatu usaha tani untuk mendapatkan hasil yang terstandar. Di Indonesia, cara ini disebut juga Pancausaha Tani.
Buku ini membahas secara rinci tahapan budi daya tanaman obat untuk mendapatkan hasil yang bermutu tinggi, mulai dari pembibitan sampai pascapanen. Selain itu, juga dibahas kandungan dan khasiat masing-masing tanaman obat. Buku ini diperuntukkan bagi praktisi, industri, maupun masyarakat umum yang ingin membudidayakan tanaman obat, baik skala kecil maupun besar.

Penulis             : Junus Kartasubrata
ISBN               : 978-979-493-272-8
Penerbit           : IPB PRESS
Harga              : Rp. 19.000,-


 Buku ini secara leluasa mengupas permasalahan penting untuk terwujudnya efektivitas dan efisiensi sistem penyuluhan dalam mendukung revitalisasi penyuluhan yaitu terjadinya stagnasi inovasi. Penyuluh sering dihadapkan pada kesenjangan inovasi ketika harus menjalankan tugasnya sebagai pendamping petani dalam membantu pemecahan permasalahan. Di satu sisi, lembaga penelitian dan pengembangan IPTEKS dengan biaya yang tidak sedikit telah mengasilkan banyak inovasi. Namun ternyata karya inovatif tersebut masih kurang dapat dimanfaatkan oleh petani maupun penyuluh sebagai mutan penyuluhan. Di sisi lain, petani sangat membutuhkan inovasi serta berkembangnya teknologi informasi sebenarnya sangat memungkinkan  penyuluh, petani maupun perusahaan pertanian dapat akses terhadap inovasi yang telah dihasilkan oleh lembaga penelitian maupun perguruan tinggi.
Aplikasi teknologi informasi melalui sarana komputer maupun telepon seluler (handphone-hp) dalam implementasi cyber ekstension di beberapa negara dapat berfungsi untuk memepercepat proses pembelajaran masyarakat. Melalui proses komunikasi yang konvergen, cyber ekstension sangat bermanfaat baik bagi masyarakat pengguna, peneliti, maupun penyuluh. Tulisan ini disusun berdasarkan hasil kajian di Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya tentang potensi cyber ekstension. Buku ini perlu dibaca, terutama bagi pihak-pihak yang membutuhkan maupun pihak yang berwenang dengan penelitian, pengembangan dan pelayanan inovasi, seperti aparat instansi terkait, peneliti, penyuluh, tokoh masyarakat, dosen maupun mahasiswa. Selain menjadi aspirasi dalam implementasi, juga untuk keperluan penyempurnaan konsep cyber ekstension dan pengembangan sistem dan aplikasinya yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. 

Penulis        : Sumardjo, Lukman  M Baga, Retno S H Mulyandar
ISBN        : 978-979-493-270-4
Penerbit    : IPB PRESS
Harga        : Rp. 39.000,-   






Fisiologi & Tingkah Laku Ikan Pada Perikanan Tangkap

Ilmu fisiologi dan tingkah laku ikan merupakan dua cabang ilmu pengetahuan yang diaplikasikan pada perikanan tangkap. Saat ini urgensi kedua cabang ilmu ini semakin meningkat sebagai akibat dari kebutuhan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan penurunan stok sumberdaya ikan, redistribusi spasial sumberdaya ikan dan kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan. Buku ini ditulis secara komprehensif oleh para penulis berdasarkan pengalamannya mengajar dan dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukannya serta diperkaya dengan hasil-hasil penelitian dari para mahasiswa bimbingannya. Isi dan bahasan buku ini cukup detail, sehingga layak menjadi buku pegangan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana yang menekuni bidang perikanan maupun bidang ilmu terkait lainnya, dan dapat menjadi bahan bacaan penting bagi para peneliti, manajer perikanan, serta masyarakat yang tertarik mempelajari bidang ilmu ini.

Penulis             : Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc
                          Mochammad Riyanto, S.Pi, M.Si
                         Dr. Aristi Dian Purnama Fitri, S.Pi, M.Si
ISBN               : 978-979-493- 256-8
Penerbit           : IPB PRESS
Harga              : Rp 45.000,-
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar